Mengakhiri Hubungan atau Tidak, Ini 5 Tanda Hubungan Tidak Sehat Yang Sering Terabaikan

Mengakhiri Hubungan atau Tidak, Ini 5 Tanda Hubungan Tidak Sehat Yang Sering Terabaikan

Setiap orang pasti ingin hubungannya langgeng sampai nanti, tapi bagaimana jika timbul beberapa tanda hubungan tidak sehat, seperti yang akan dibahas berikut ini. Artinya Anda harus segera mengambil tindakan, apakah akan terus menjalani hubungan tersebut, mengkomunikasikan dan mencari jalan keluarnya dengan pihak pasangan, atau bahkan mengakhiri hubungan tersebut !
1.      Hanya mencari ketika dibutuhkan
Salah satu tanda penting ketika Anda dan pasangan, sudah tidak menjalin komunikasi, dalam jangka waktu yang lama. Atau bahkan tidak perlu memberikan kabar atau menanyakan kabar pada pasangan, seperti dahulu, maka hal ini patut Anda curigai. Apalagi jika Anda dan pasangan hanya bertemu dalam kondisi penting, dan ketika bertemu pun bersikap biasa saja. Tidak ada lagi perasaan rindu antar pasangan, dan hal lainnya. Bisa jadi ini salah satu indikasi, bahwa rasa cinta itu sudah mulai hilang.
2.      Membiarkan masalah tak terselesaikan
Hal kedua sebagai tanda hubungan tidak sehat adalah membiarkan masalah tidak terselesaikan, akibatnya masalah jadi semakin menumpuk, dan Anda pun cenderung malas untuk menyelesaikannya. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari tidak mau menerima penolakan dari pasangan, pasangan yang cenderung otoriter, ujung diskusi yang tidak saling mengalah dan hal lainnya. Jika hal ini terus terjadi, akibatnya Anda mulai malas bertemu pasangan. Ini tentu bukan cara mempertahankan hubungan agar langgeng secara bijak.
3.      Saling mengritik sisi negatif pasangan
Memberikan kritikan bisa bersifat negatif dan bersifat positif. Hal ini tergantung waktu dan durasi dalam pemberian kritik tersebut. Jika kritik membangun, walaupun hal tersebut negatif, dan membuat pasangan jadi sakit hati, namun dengan sedikit nasihat yang tepat, maka lambat laun pasangan akan mengerti dan mulai memperbaikinya.
Lain halnya jika pasangan memberikan kritik negatif yang diberikan berkali-kali. Tentu ini akan menjadi hal yang kurang baik. Kritik yang biasanya dilakukan adalah hal-hal yang dipandang negatif dari sisi pasangan, walaupun sebenarnya hal tersebut tidak selalu negatif.
4.      Malas memperkenalkan pasangan pada orang lain
Adanya rasa malas untuk memperkenalkan pasangan pada orang lain, entah itu teman, sahabat, atau bahkan orang tua. Sebuah hubungan tentu buka aib yang harus ditutupi. Namun jika ini terjadi, mungkin alasannya adalah salah satu pihak merasa khawatir jika kebebasannya akan terganggu, atau hanya ingin bahwa hanya pasangannya yang mendominasi.
5.      Munculnya rasa takut
Rasa takut yang dimaksud di sini cukup beragam, mulai dari takut mengulangi kesalahan yang ada, sehingga tidak dimaafkan oleh pasangan. Takut kehilangan pasangan, lalu memaksakan diri menjadi kriteria yang diinginkan oleh pasangan, dan hal lainnya.
Jika tanda hubungan tidak sehat tersebut terjadi, sebaiknya komunikasikan berbagai macam permasalahan yang ada dengan baik, dan di waktu yang tepat. Agar mudah menemukan jalan keluar yang tepat dan bijak pula. Karena pada dasarnya masing-masing pihak, berhak untuk memperoleh kebahagiaannya masing-masing, tanpa perlu adanya rasa khawatir akan hal tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar